Contoh Surat sahabat pena

Contoh Surat sahabat pena

Contoh Surat sahabat pena  - Tentunya dengan ini kami akan berbagi untuk kamu semua yang lagi mencari Contoh Surat sahabat pena tersebut dan kamu akan bisa mengetahui disini selengkapnya seperti kami berikan format untuk membuat surat yang pastinya kamu akan terbantu dengan postingan yang kami sampaikan ini. Karena kami posting seputar Contoh Surat sahabat pena tersebut untuk bisa kamu bisa contoh secara langsung dan tinggal edit saja untuk Contoh Surat sahabat pena  untuk bisa membuat surat tersebut untuk serupa hanya beda isi saja.


Bagaimana untuk membuat surat yang baik dan benar, dan bisa sesuai dengan harapan kita semua, maka kami akan terangkan disini untuk format Contoh Surat sahabat pena tersebut sehingga anda akan tahu tahap - tahap untuk membuat surat yang baik dan benar tersebut.

Dibawah ini contoh format surat yang kami dapat dari sumber terpercaya zonasiswa.com


1. Full Block Style


Format
surat full block style dianggap sebagai format surat paling formal dari
format atau bentuk surat yang lain. Dalam surat yang berbentuk full
block style setiap baris dalam surat tersebut menggunakan rata kiri.
Walaupun tidak ada peraturan yang resmi tentang penggunaan format full
block style tetapi format full block style biasanya digunakan dalam
surat permintaan, pengumuman, persetujuaan, lamaran pekerjaan.


Perhatikan format full block style berikut:


Kumpulan Pembahasan Lengkap Mengenai Surat ZONASISWA.COM




2. Block Style


Format
block style atau juga bisa disebut format surat simpel merupakan format
surat yang susunannya hampir sama dengan full block style yaitu
menggunakan rata kiri. Hanya penulisan tanggal, nama terang pengirim
surat ditulis di sebelah kanan surat.


Perhatikan format block style berikut:


Kumpulan Pembahasan Mengenai Surat ZONASISWA.COM


3. Semi Block Style


Format
surat semi block style seperti pada format surat yang lain digunakan
untuk surat resmi yang kedudukannya kurang formal jika dibandingkan
dengan full block style. Berbeda dengan full block styel dan block
style, setiap paragraf isi pada surat berformat semi blok style menjorok
ke dalam.


Perhatikan format semi block style berikut:


Kumpulan Pembahasan Mengenai Surat ZONASISWA.COM





4. Intended Style


Format
atau bentuk surat intended style ini hampir sama dengan block style,
satu yang membedakan adalah penulisan alamat dalam yang menyerupai
tangga.


Perhatikan format intended style berikut:


Kumpulan Pembahasa Mengenai Surat ZONASISWA.COM





5. Hanging Style


Sedangkan
format atau bentuk surat hanging style membedakan diri dengan block
style dengan menuliskan alenia pertama pada setiap paragraf di isi surat
tidak menjorok ke dalam sedangkan alenia selanjutnya pada menjorok ke
dalam.


Perhatikan format hanging style berikut:



Kumpulan Pembahasan Mengenai Surat ZONASISWA.COM




Pahami
ke lima format atau bentuk surat di atas, pelajari perbedaan di setiap
format-format tersebut. Buatlah contoh surat menggunakan ke lima format
atau bentuk surat tersebut akan membantu sobat untuk memahami lebih
dalam mengenai format atau bentuk-bentuk surat.


Untuk contoh Surat yang kamu cari saat ini adalah Contoh Surat sahabat pena dimana kamu bisa mengetahui secara langsung dibawah ini selengkapnya ya.


Contoh Surat sahabat pena

Bandar Lampung, 1 April 2015

Untuk Sahabatku Dina
di Bogor

Assalamualaikum. . .

Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan?

Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.

Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum . .

Salam Manis,
Sahabatmu


ttd
Shinta Putri Dewi

Bogor, 7 April 2015

Untuk sahabtku tersayang
di Bandar Lampung

Assalamuaialkum . .

Hay Shinta, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hhe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Bogor, tak heran mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Bogor.

Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasisswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini.

Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan. Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat.

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ara menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamuaalikum . .

Sahabatmu,


ttd
Dina Saraswati

Sekian dari kami tentang info seputar Contoh Surat sahabat pena yang baik dan benar, dan semua bisa dipelajari sesuai dengan keinginan anda, karena pembuatan surat bermacam-macam untuk menggunakan format surat yang sesuai dengan harapan, dan terima kasih atas kunjungan anda ya.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Jalan Terang, Published at 08.00 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar